< Benda-benda termasuk Najis | ThoharohUstadz Kembar

USTADKEMBAR.COM

TRAVEL KEMBAR TOUR HAJI & UMROH MURAH

JMS Support Online

cs1 082334444445
cs2 082334444445
ustadkembar@gmail.com

Social Network

Instagram

Login Form

 

اللّهُمَّ لَبَيْكَ لَبَيْكَ لاشَرِيْكَ لَكَ لَبَيْكَ إِنَّ الْحَمْدَ لَكْ وَالْمُلْكَ لاشَرِيْكَ لَكْ

Benda-benda yang termasuk najis.
 
 
 
1.Bangkai binatang darat yang berdarah selain dari mayat manusia.
 
Adapun binatang laut dan bangkai binatang darat yang tidak berdarah ketika masa hidupnya seperti belalang serta mayat manusia, semuanya suci. Firman Allah Swt. : Diharamkan bagimu (memakan) bangkai.”(Al-Maidah:3). Adapun bangkai ikan dan binatang darat yang tidak berdarah begitu juga mayat manusia, tidak masuk dalam arti bangkai yang umum dalam ayat tersebut karena ada keterangan lain. Bagian bangkai, seperti daging, kulit, tulang , bulu, urat dan lemaknya, semuanya itu najis menurut mazhab Syafi’i.. Sedangkan menurut mazhab Hanafi, yang najis hanya yang mengandung roh (bagian-bagian yang bernyawa)saja seperti daging dan kulit. Bagian-bagian tulang, kuku, tanduk dan bulu, semuanya suci. Begitupun bagian-bagian yang tidak bernyawa dari anjing dan babi pun tidak najis.
 
Dalil kedua mazhab tersebut adalah: mazhab pertama mengambil dalil dari makna umum bangkai dalam ayat tersebut, karena bagian tersebut tersusun dari bagian-bagian tersebut. Mazhab kedua beralasan dengan hadis Maimunah: Sabda Rasul Saw.: “Sesungguhnya yang haram adalah memakannya.” Pada riwayat yang lain ditegaskan bahwa yang haran ialah “dagingnya”(Riwayat Jamaaah ahli hadist).
 
Mazhab yang kedua ini berpendapat bahwa yang dikatakan bangkai ialah bagian-bagian yang tadinya mengandung roh.
 
Adapun dalil bahwa mayat manusia itu suci adalah firman Allah Swt (Al-Isra:70); “Dan sesungguhnya telah Kami muliakan anak-anak Adam(manusia).” Karena itu suruhan kepada kita untuk memandikan mayat itu adalah suatu tanda bahwa mayat manusia bukan najis, hanya kemunkinan ada terkena najis sehingga kita disuruh memandikannya.
 
2.Darah
 
Segala macam darah itu najis selain hati dan limpa. Firman Allah (Al-Maidah:3): “Diharamkan bagimu (memakan) bangkai, darah, dan daging babi.” Sabda Rasul saw.: “Telah dihalalkan bagi kita dua macam bangkai dan dua macam darah: ikan dan belalang, hati dan limpa.”
 
3.Nanah.
 
Segala macam nanah itu najis, baik yang kental maupun yang cair. Karena nanah itumerupakan darah yang sudah busuk.
 
4.Segala benda cair yang keluar dari dua pintu(tempat buang air kecil dan tempat buang air besar). Semua itu najis selain dari mani, abik yan biasa seperti tinja air kencing atupun air yang tidak biasa seperti mazi(cairan yang keluar dari kemaluan laki-laki ketika ada syahwat yang sedikit), baik hewan yang halal dimakan ataupun yang tidak halal dimakan.
 
Dari Ali Ra. (khalifah keempat) ia berkata, “ Saya sering keluar mazi sedangkan saya malu menanyakannya kepada Rasulullah Saw. Maka saya suruh Miqdad menanyakannya. Miqdad lalu bertanya kepada beliau . Jawab beliau,’Hendaklah ia basuh kemaluannyadan berwudlu.”(Riwayat Muslim)
 
5.Arak, setiap minuman keras yang memabukan.
 
Firman Allah (Al-Maidah;90) : “Sesungguhnya (meminum) khamer, berjudi, (berkorban untuk) berhala, mengundi nasib dengan panah adalah perbuatan keji, termasuk perbuatan setan.”
 
6.Anjing dan babi.
 
Semua hewan suci kecuali anjing dan babi
 
Sabda Rasul Saw; “Cara mencuci bejana seseorang dari kamu apabila dijilat anjing, hendaklah dibasuh tujuh kali, salah satunya hendaklah dicampur dengan tanah.”(Riwayat Muslim)
 
7.Bagian badan binatang yang diambil dari tubuhnya selagi hidup.
 
Hal ini seperti bangkai. Maksudnya kalo bangkainya najis, maka yang dipotongnya itu pun najis seperti babi atau kambing. Kalo bangkainya suci yang dipotong sewaktu hidupnya pun suci pula seperti yang diambil dari ikan hidup. Dikecualikan bulu hewan yang halal dimakan hukumnya suci. Firman Allah (AnNahl;80); “Dan (dijadikan-Nya pula) dari bulu domba, bulu unta, dan bulu kambing, alat-alat rumah tangga.”

Who Online

We have 29 guests and no members online

GTranslate

English French German Italian Portuguese Russian Spanish

Filtered News

Pembagian Najis dan Cara Mencucinya
Tuesday, 04 March 2014
Pembagian Najis dan cara mencucinya.   Najis mugallazah (tebal), yaitu najis anjing. Benda yang terkena najis ini hendaklah dibasuh tujuh kali,... Read More...
Macam-macam Air dan Pembagiannya
Tuesday, 04 March 2014
Macam-macam air dan pembagiannya.   1. Air yang suci dan mensucikan.   Air ini ialah air yang boleh diminum dan dipake untuk... Read More...

FW Gallery Fancy Slideshow

Social Network 2

CoalaWeb Traffic

Today928
Yesterday1695
This week597716
This month24193
Total597716

Visitor Info

  • IP: 35.153.135.60
  • Browser: unknown
  • Browser Version: unknown
  • Operating System: unknown

Who Is Online

10
Online

Thursday, 18 July 2019 21:19
Powered by CoalaWeb