Amalan 10 Muharam

 

ok deh kita lanjut pembahasan yang tertunda. capek juga sih nulis artikel ini. Tapi nggak apa deh yang penting bermanfaat bagi kaum Hawa dan kaum Adam. Amalan-amalan 10 Muharam penulis banyak mengambil rujukan dari ianatut ath-thalibin salah satu kitab yang sering dipake di pesantren-pesantren.
 
Amalan-amalannya diantaranya ayng disunahkan Rasulullah Saw :
 
Berpuasa,  pada tanggal 9, 10 dan 11 muharam jadi 3 hari. tergantung sih mau berapa kali juga mau sehari juga namanya juga puasa sunat. awalnya kisah ini yaitu ketika Rasulullah datang ke madinah ia menemukan kelompok kaum Yahudi yang sedang berpuasa. Rasulullah Saw.bertanya ke kaum yang sedang berpuasa itu. Kenapa mereka berpuasa. Mereka kaum Yahudi menjawab bahwa kami berpuasa karena mengagungkan bulan Muharam tanggal sepuluh dengan alasan karena tanggal sepuluh Muharam ini Pemimpinnya Nabi Musa As, juga sebagai panutannya diselamatkan oleh Allah dari kejaran firaun dari musuh-musuhnya dan di tenggelamkannya di laut merah. Lalu Nai Muhammad menyuruh kepada umat Islam untuk mengagungkan bulan Muharam beliau  Rasulullah Saw  berkata: “ba’dahu wa qoblahu “sebelum dan sesudah tanggal sepuluh. yaitu tanggal 9,10, 11. Malah dikatakan bahwa barangsiapa yang berpuasa pada hari Asyura di bulan Muharam maka Allah Swt akan memberikan kepada mereka ganjaran 10.000 malikat yang selalu membaca tasbih, 10.000 haji dan umroh yang diterima oleh Allah Swt, dan sepuluh ribu orang-orang syahid di jalan Allah dan juga barangsiapa yang berpuasa pada tanggal sepuluh muharam ini maka Allah sSwt akan membalas dengan ganjaran sma dengan puasa setahu.  Penulis mengambil dari rujukan kitab al- Gunyah karya syekh Abdul Qodir  Al-jaelani. Yah penulis tambah-tambahin rujukannya biar akurat heheheh,, yah si penulis memang suka juga baca-baca dan nulis-nulis juga sih mudah-mudahan manfaat aja terutama bagi penulis yang awam dan bodoh ini …
Shadaqah, barangsiapa yang bershadaqah pada tanggal 10 Muharam ini, maka Allah Swt tidak akan menolak harpannya( dimakbulkan).(dari kitab ianatu ath-thalibin). dan barangsiapa yang beshadaqah satu dirham sama dengantujuh ratus dirham untuk dibulan ini.
Barangsiapa yang memberi buka puasa kepada yang berpuasa di bulan Muharam maka sama halnya dengan memberi buka puasa kepada semua umat Muhammad dan dan mengenyangkan perut mereka.
Dan barangsiapa yang memberi minum pada tanggal sepuluh Muharam ini maka Allah Swt akan melapaskan kehausan yang besar dihari pengadilan Allah. (ianati ath-thalibin jilin 2 hal 367)
Dan barangsiapa yang mandi besar pada tanggal sepuluh Muharam ini maka Allah Swt akan melepaskan dari penyakit dalam setahun.
Menjenguk orang sakit, barangsiapa menjenguk orang yang sakit tanggal sepuluh muharam ini maka ia sama menjenguk oang-orang yang sakit dari ketrurunan adam As.
Mengusap rambut anak yatim, barangsiapa yang mengusap kepala anak yatim dengan tangannya  maka Allah akan menaikan kedudukannya di sisi-Nya setiap selembar rambut sederajat.  Maksud dari hal ini adalah disunahkan pada bulan  dan tanggal 10 ini yaitu memberi kasih sayang dan mendoakan mereka anak yatim.
bersilatuhrami, memotong kuku.
Membaca surat al-ikhlas seribu balikan, dan amlan-amalan lainnya sebagai menghidupkan hari 10 asyura . Karena Rasul telah bersabda barngsiapa yang menghidupkan hari Asyura maka ia  adalah hamba Allah yang memiliki ganjaran sama dengan ahli langit dan ahli bumi.
Membaca hasbiyallahu wani’mal wakil ni’mal maula wani’man nashir 70 balikan  maka Allah Swt akan mencukupkan kebutuhannya dan menjauhkan dari kejahatan. wabillahi Taufik.