< Puasa sunah, haram, makruh | PuasaUstadz Kembar

USTADKEMBAR.COM

TRAVEL KEMBAR TOUR HAJI & UMROH MURAH

JMS Support Online

cs1 082334444445
cs2 082334444445
ustadkembar@gmail.com

Social Network

Instagram

Login Form

 

اللّهُمَّ لَبَيْكَ لَبَيْكَ لاشَرِيْكَ لَكَ لَبَيْكَ إِنَّ الْحَمْدَ لَكْ وَالْمُلْكَ لاشَرِيْكَ لَكْ

PUASA SUNAH
 
Puasa Arafah dimana lagi tidak melakukan kegiatan haji. Yaitu tanggal 9 dzulhijjah. Rasul Saw. Bersabda : Puasa di hari Arafah menghapuskan dosa dua tahun, satu tahun yang telah lewat dan satu tahun kedepan sedangkan puasa asyura’ menghapus satu tahun yang telah lewat(H.RMuslim)
Puasa Asyura dan puasa tasu’a yaiut tanggal 10 dan 9 di bulan muharam. Rasul bersabda: “Puasa di hari ini asyura menghapus satu tahun yang telah lewat”. Sebagaimana Rasul Saw berpuasa di hari Asyura dan memerintak untuk berpuasa.
Pertengahan awal dibulan Sya’ban. Aisyah berkata: “Tidaklah aku lihat Rasul Saw. Menyempurnakan puasa penuh satu bulan kecuali bulan Ramadhan. Dan tidaklah aku melihat Rasul Saw. dibulan yang lebih banyak dari Ramadhan berpuasa di bulan eSya’ban.(H.R.Muslim)
Enam hari di bulan syawal. Rasul Saw bersabda: Siapa yang berpuasa di bulan ramadhan dan diikuti enam hari di bulan syawal maka puasanya seperti puasa setahun penuh.
Sepuluh hari pertama di bulan dzulhijjah. Rasul Saw bersabda:Tidak ada amal yang paling baik dan paling di sukai oleh Allah di hari ini yakni sepuluh hari pertama di bulan dzulhijjah. Para sahabat berkata: Ya Rasulullah tidakkah jihad jalan Allah(lebih baik)?. Rasul bersabda: tidak jihad di jalan Allah kecuali seorang laki-laki yang keluar dengan dirinya dan hartanya dan tidak kembalilagi dari jihad.(H.R.Mutafaqun alaih).
Bulan Muharam. Rasul bersabda : ketika ditanya puasa apakah yang paling afdhal setelah Ramadhan. Rasul menjawab: Bulan Allah yaitu kamu suka menyebutnya bulan Muharam.(H.R.Bukhari)
Hari-hari putih di setiap bulan. Yaitu tanggal 13,14,15. Abidzar r.a telah berkata : kami telah diperintahkan oleh Rasulullah Saw. kami berpuasa 3 hari di hari-hari putih dalam satu bulan yaitu tanggal 13,14,15. Dan beliau Rasul Saw. berkata seperti puasa setahun penuh.(H.R.Nasa’i shahih ibnu hibban)
8 dan 9 Puasa senin dan khomis diriwayatkan sesungguhnya Rasul Saw. sering berpuasa senin dan khomis. Maka ditanya Rasul hal tersebut dan beliau menjawab: Sesungguhnya amal-amal diperlihatkan setiap hari senin dan kamis maka Allah mengampuni setiap muslim dan setiap mukmin kecuali dua orang yang memutuskan persahabatan(bermusuhan) maka Allah berkata akhirkanlah keduanya.(H.R.Ahamad)
Puasa sehari dan buka sehari. Rasul bersabda : Puasa yang paling dicintai oleh Allah adalah puasanya nabi Daud a.s., dan shalat yang paling dicintai oleh Allah adalah shalat nabi Daud. Ia gunakan setangah malam untuk tidur, sepertiga untuk bangun dan seperenam unu tidur. Dan Ia satu hari pusasa satu hari buka.(H.R.Mutafaqun alaih)
Puasa bujang yaitu yang tidak mampu untuk menikah. Rasul bersabda : Barangsiapa yang mampu memberi nafkah maka menikahlah, maka sesungguhnya akan terjaganya pandanganmu dan farjimu. Dan barangsiapa yang tidak mampumaka hendaklah puasa maka sesungguhnyabaginya dapat terkendalinya nafsu.(H.R.Bukhari)
PUASA MAKRUH
 
Puasa di hari Arafah bagi orang yang lagi melaksanakan wukuf. Hal ini Rasul Saw. telah melarangnya untuk berpuasa di hari ‘Arafah bagi orang yang sedang melaksanakan wukuf di ‘Arafah.
Puasa khusus di hari Jum’at. Rasul Saw. bersabda: Sesungguhnya hari Jum’at adalah hari raya bagimu maka janganlah kamu berpuasa kecualiberpuasa sebelum dan sesudahnya.
Puasa khusus di hari sabtu. Rasul Saw.bersabda: Janganlah kamu berpuasa di hari sabtu kecuali mewajibkanmu dan tidaklah seseoang mendapatkan kecuali kulit anggur dan batang pohon maka kunyahla.(H.R.Ashabu Sunan dan Tirmidzi).
Puasa Akhir di bulan Sya’ban
Penjelasan puasa yang dimakruhkan hari-hari itu yaitu makruh tanjih artinya belum mencapai derajat haram. Sedangkan puasa yang makruh mencapai derajat haram sebagai berikut :
 
Puasa wishal yaitu puasa dua hari atau lebih tanpa berbuka. Rasul bersabda : Janganlah lamu berpuasa wishal.(H.R.Bukhari). dan Beliau bersabda : Jauhilah darimu dan puasa wishal.(H.R.Mutafaqun alaih)
Puasa hari yang meragukan yaitu hari 30 di bulan Sya’ban. Rasul Saw. bersabda : “Barangsiapa berpuasa di hari yang meragukan maka ia telah berdosa ke Aba Qasim.
Shaum Dahr yaitu puasa sepanjang tahun. Yaitu puasa sunat tanpa berbuka. Rasul bersabda :tidak ada baginya puasa barangsiapa yang berpuasa sepanjang tahun.
Puasa seorang istri tanpa idzin suaminya dan ia ada(hadir) disisinya. Rasul bersabda Saw. : “Tidak ada puasasehari bagi seorang istri sedangkan suaminya disisinya kecuali ia mendapat izin terlebih dahulu.kecuali bulan Ramadhan.
PUASA YANG DIHARAMKAN
 
1.Puasa di hari raya Idul Fitri dan Idul Adha. Umarr.a. berkata : Dua hari ini Rasul Saw. melarang berpuasa yakni puasa di hari Idul Fitri dan hari dimana kamu makan dan ibadah qurban.(H.R.Muslim)
 
2.Puasa di pada hari Tasyriq. Hal ini Rasul Saw. telah mengutus seorang penyeru. Ia mnyampaikan pesan ; janganlah kamu berpuasa dihari-hari ini, maka sesungguhnya hari-hari itu hari makan dan minum beserta keluargamu(suamimu).(H.R.Thabrani)
 
3.Puasa dimana lagi haid dan nifas. Hal ini berdasarkan ijma atas kerusakan berpuasa selagihaid dan nifas. Rasul Saw. bersabda : “Bukankah dimana haidnya perempuan tidak melaksanakan shalat dan tidak pula berpuasa. Maka hal itu kekurangannya dalam beragamanya.(H.R.Bukhari)
 
4.Puasa yang lagi sakit yang dikhawatirkan merusak(membunuh) jiwanya. Allah telah berfirman: “Janganlah kamu membunuh dirimu sendiri. Sesungguhnya Allah bagimu Maha Penyayang.(Q.S.Al-Baqarah:185) dari kitab minhajul muslim hal:301

Who Online

We have 70 guests and no members online

GTranslate

English French German Italian Portuguese Russian Spanish

Filtered News

Ganjaran istri shaleh dan tidak shaleh
Thursday, 06 March 2014
Hadist wanita shalih   Abu Hurairah, Rasu Saw;:”Sebaik-baik wanita adalah wanita yang apabila kamu memandang kepadanya, maka mengembirakan... Read More...
Kifarat
Thursday, 06 March 2014
KIFARAT   Kifarat(denda) adalah sesuatu yang dapat menghapuskan dosa. Yaitu denda yang dapat diakibatkan pelanggaran syariat Islam. Maka apabila... Read More...
Perkara yang membatalkan ganjaran Puasa
Thursday, 06 March 2014
5 perkara yang membatalkan ganjaran puasa:   Di riwayatkan dari anas r.a.Nabi Saw. Telah bersabda: Ada lima perkara yang menghilangkan ganjaran... Read More...
Hukum Puasa bagi musafir, orang sakit, lanjut usia, hamil dan menyusui
Thursday, 06 March 2014
MUSAFIR   Dimana seorang muslim lagi di perjalanan maka diperbolehkan shalat diqashar dengan syarat perjalanan tersebut berjarak 84 mil. Dan... Read More...
Perkara Membatalkan Puasa
Thursday, 06 March 2014
Perkara-perkara yang membatalkan puasa Masuknya cairan ke dalam tubuh melalui hidung, mata telinga,.Seperti meneteskan cairan atau melalui dubur dan... Read More...
Perkara Makruh dalam Berpuasa
Thursday, 06 March 2014
  Pekara-perkara yang makruh dalam berpuasa   Berlebih-lebihan dalam berkumur dan intisyaq(menghirup)air ketika berwudlu. Rasul saw.... Read More...
Perkara yang Dibolehkan dalam berpuasa
Thursday, 06 March 2014
Perkara-perkara yang diperbolehkan dalam berpuasa   Menggunakan siwak siang hari. Sedangkan menurut Imam ahmad makruh hukumnya bila menggunakan... Read More...
Perkara yang Dimaafkan dalam Berpuasa
Thursday, 06 March 2014
  Perkara-perkara yang di maafkan dalam berpuasa   Menelan ludah walaupun banyak.(maksudnya ludah sendiri). Terpaksa muntah dan... Read More...
Penentuan Masuknya Bulan Romadhan
Thursday, 06 March 2014
PENENTUAN MASUKNYA BULAN RAMADHAN   Penentuan bulan Ramadhan dapat dilakukan dengan salah satu cara diantara keduanya:   Pertama yaitu... Read More...
Puasa (hadits)
Thursday, 06 March 2014
1.Rasulullah saw. bersabda : Barangsiapa puasa Ramadhan karena beriman dan ikhlas, maka diampuni dosanya yang telah lalu dan yang sekarang (... Read More...

FW Gallery Fancy Slideshow

Social Network 2

CoalaWeb Traffic

Today282
Yesterday791
This week307164
This month18468
Total307164

Visitor Info

  • IP: 54.81.117.119
  • Browser: unknown
  • Browser Version: unknown
  • Operating System: unknown

Who Is Online

3
Online

Tuesday, 24 April 2018 12:36
Powered by CoalaWeb